Rabu, 16 November 2016

Makanan Penurun Darah Tinggi Super Cepat dan Ampuh

Makanan Penurun Darah Tinggi Super Cepat dan Ampuh - Menurut ALODOKTER Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang muncul secara diam-diam. Sulit untuk mengetahui seseorang terkena hipertensi, tanpa mengukur tekanan darah.


Memang nyatanya garam atau sodium memiliki peran penting, tapi untuk menjaga tekanan darah pada kisaran normal, ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan juga selain hanya mengurangi asupan garam.

Kategori Darah Tinggi (Hipertensi)


Bagaimana cara mengetahui apakah seseorang terkena hipertensi? Perhatikan hasil pengukuran tekanan darah. Angka pertama dari hasil pengukuran adalah tekanan darah sistolik, yang berarti ukuran tekanan dalam arteri ketika jantung Anda berdenyut. Kemudian angka yang berikutnya adalah tekanan diastolik yang mengindikasikan tekanan di antara detak jantung ketika jantung Anda beristirahat. Tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80

Ketika hasil pengukuran tekanan darah melebihi kisaran normal, maka dapat dikategorikan sebagai berikut: 
  • Prahipertensi. Tekanan darah yang berkisar antara 120-139 untuk angka sistolik atau 80-89 untuk tekanan diastolik.
  • Hipertensi tahap 1. Jika tekanan sistolik Anda 140-159 atau tekanan diastolik 90-99.
  • Hipertensi tahap 2. Pada saat tekanan sistolik 160 atau lebih tinggi atau tekanan diastolik 100 atau lebih tinggi.
Kenali Makanan Anda

Sebagian orang tidak menyadari apa saja yang mereka makan tiap hari, apalagi kandungannya. Bagi Anda yang ingin menjaga tekanan darah pada kisaran normal, dapat mulai menjalani kebiasaan mencermati asupan makanan dan kandungannya.
Makanan yang tinggi kandungan sodium dapat meningkatkan tekanan darah. Makin sedikit sodium yang Anda konsumsi, maka makin terkendali tekanan darah Anda. Sebaliknya dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung potasium, magnesium, dan serat dapat membantu Anda mengendalikan tekanan darah. Kunjungi http://obatkuat.online/

Makanan tinggi sodium antara lain makanan kemasan dalam kaleng, makanan diproses, dan makanan siap saji. Jika perlu, buat catatan harian untuk mengukur porsi garam dalam makanan yang Anda konsumsi. Jika Anda mengonsumsi makanan dalam kemasan, baca labelnya. Pilih makanan dengan kandungan sodium harian 5 persen atau kurang, hindari yang mengandung sodium 20 persen atau lebih.

Selain garam, batasi juga kecap asin yang Anda gunakan saat memasak di dapur. Contoh makanan yang bisa mengandung garam yang tinggi adalah roti, saus tomat, saus sambal, camilan kerupuk dan kacang yang telah dibumbui. Batasi juga frekuensi Anda makan di luar karena cara terbaik mengontrol asupan sodium adalah dengan memasak sendiri di rumah.

Anda dapat membuat perubahan secara bertahap, misalnya membatasi asupan sodium sekitar 2.400 miligram atau sekitar satu sendok teh. Ketika tubuh sudah beradaptasi, maka kurangi lagi hingga 1.500 mg atau sekitar 2/3 sendok teh. Jumlah itu termasuk sodium yang dikonsumsi secara keseluruhan dari produk makanan dan apa yang Anda masak atau sajikan di meja makan. Untuk menambah rasa dan aroma makanan, Anda dapat menggunakan bumbu rendah sodium seperti berbagai macam rempah alami lain atau cuka.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa membantu menurunkan gejala darah tinggi atau hipertensi yang anda alami :   

Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat membantu dalam mengobati tingginya tekanan darah. Berikut ini beberapa jenis sayuran hijau yang bisa dikonsumsi untuk mengobati darah tinggi atau mengatasi kondisinya agar tidak semakin parah.

Bayam


Bayam kaya akan kandungan kalium dan rendah sodium. Bayam memiliki tingkat mineral yang seimbang sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Folat yang terkadung dalam bayam juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah yang pada akhirnya dapat mempertahankan kelancaran sistema aliran darah.Dan bayam juga mampu untuk mencegah diabetes. Kandungan magnesium yang ditemukan dalam bayam dapat membantu untuk mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Dengan mengkonsumsi secara rutin bayam akan membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi yang terlalu banyak.

Buncis

Buncis juga merupakan salah satu sayuran hijau yang membantu dalam mengobati darah tinggi. Buncis memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi tubuh anda dan dapat menurunkan tingginya tekanan darah. Buncis ini mengandung beberapa kandungan gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Beberapa kandungan gizi tersebut diantaranya adalah Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B11, Vitamin C, Lemak, Protein, Kadar abu, Mangan, Molibdenum, Magnesium, Potasium, Zat besi, Fosfor, Kalsium, Tembaga, Karbohidrat, Serat kasar, dll.

Pada umumnya, buncis seringkali dijadikan sebagai bahan utama dalam masakan sehari-hari. Selain rasanya yang enak, buncis juga sangat baik untuk kesehatan tubuh Kita
Seledri

Seledri juga memiliki kandungan kalium dan kalsium yang cukup banyak untuk membantu menyembuhkan Darah Tinggi atau hipertensi yang diderita. Menambahkan seledri pada menu makanan sehat sehari-hari, maka tekanan darah yang sedang meninggi, akan bisa teratasi. atau bagi yang menderita penyakit satu ini harus segera bertindak salah satu tindakan alternative yang diambil adalah dengan menumbuk 100 gr daun seledri hingga halus. Setelahnya ditambahkan air matang dan dimasak hingga mendidih. Setelahnya diminum 2 kali sehari. Maka, hipertensi akan menurun.
Bawang Putih

Bawang putih ternyata sangat baik dalam membantu menyembuhkan darah tinggi atau hipertensi. Bawang putih yang terbukti mampu mencegah terjadinya proses pembekuan darah dan mampu menahan efek yang ditimbulkan oleh darah tinggi pada tubuh. Selain itu, bawang putih juga termasuk makanan rendah kolesterol yang dapat membantu untuk mengurangi sumbatan pada jantung anda. bawang putih ini sudah lama dianggap baik untuk membantu menyembuhkan penyakit Darah tinggi (hipertensi) dan penyakit lainnya karena sifat-sifat yang dimilikinya. Sifat umum bawang putih adalah antibakteri, antivirus, dan anti jamur alami. Dengan demikian, bawang putih  digunakan untuk pengobatan alergi, demam, herpes, hingga penyakit seperti arteriosclerosis, kolesterol tinggi dan masalah jantung.

Baca Juga | Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami

Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara bawang putih dan menurunkan tekanan darah. Dalam studi ini, efek bawang putih menunjukkan pengurangan angka tekanan darah atas (sistolik) sebanyak 5-8 mm Hg. Juga menunjukkan penurunan angka  tekanan darah bawah (diastolik), tetapi angka penurunan tersebut tidak cukup besar untuk dapat dibilang signifikan.

Beberapa zat yang terkandung dalam Bawang putih mungkin yang bertanggung jawab untuk ini penurunan tekanan darah ini, di antaranya adalah :
  1. Inhibitor ACE alami ( peptida gamma – glutamil dan senyawa flavonolic )
  2. Magnesium
  3. fosfor 
  4. adenosine 
  5. allicin 
  6. sulfer
Tomat

Kandungan gizi tomat kaya vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh. Tomat mengandung kalsum, kalium dan vitamin C. Kalium dan kalsium ini dapat membantu tubuh dalam menurunkan tekanan darah yang tinggi. Buah tomat sangat populer di dunia, apalagi di Indonesia yang sejak lama sekali telah lama dibudidayakan. Satu hal yang kurang disukai dari tomat adalah ketahanannya yang lemah, sehingga mudah busuk. Agar tahan lama, tomat harus dibekukan dengan beberapa langkah yang diawali dengan pemilihan, pencucian, perebusan, perendaman, pengupasan, dan diakhiri dengan pembekuan dalam lemari es.
Kentang

Kentang termasuk keluarga umbi-umbian yang berasal dari Amerika, dan sudah dibudidayakan pada negara-negara lain termasuk di negara kita Indonesia.
Pada negara asalnya sendiri, kentang sudah dijadikan makanan pokok bagi penduduknya. Tidak mengherankan karena kentang merupakan salah satu penghasil karbohidrat sebagai sumber energi. Pada kandungan sebuah kentang, tersimpan manfaat yang baik bagi tubuh.

Kentang ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain sumber karbohidrat sehat, kentang juga memiliki kandungan magnesium dan potassium. Kedua senyawa ini akan sangat berguna untuk mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Magnesium juga sangat dapat diandalkan untuk memperlancar aliran darah. Kedua senyawa ini dapat membantu tubuh dalam menjaga tekanan darah dalam diri kita
Kedelai 

Sama seperti kentang, kacang kedelai ternyata memiliki kandungan kalium dan magnesium yang tinggi. Magnesium dan kalium tang terkandung di dalam kacang kedelai akan membantu mengontrol tekanan darah di dalam tubuh dan membantu anda untuk mengontrol, serta menurunkan tekanan darah, dan juga bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara sehat, Anda boleh mencoba kacang yang satu ini, kedelai mampu mengurangi nafsu makan, sehingga akan membantu Anda untuk mengurangi kebiasaan makan yang berlebihan.
Buah Buahan

Sama seperti manfaat kesehatan yang lain, buah - buahan segar lain selain pisang dan tomat memiliki zat - zat atau senyawa yang bisa membantu anda dalam mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi anda. berikut ini adalah beberapa jenis buah yang bisa anda konsumsi :
Pisang

Si buah kuning yang lezat ini memiliki kandungan potasium dan kalium yang tinggi. Buah ini menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat, bagi yang ingin menyembuhkan Darah Tinggi (hipertensi) dan juga pisang ini termasuk makanan peninggi badan alami.
Pisang sangat dikenal akan kandungan kaliumnya yang tinggi, yaitu lebih dari 400 mg kalium perbuah pisang ukuran sedang. Menurut para ali gizi, kalium sangat diperlukan saraf, fungsi otot, serta untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita. Kalium dalam pisang bisa membantu mencegah kram otot setelah latihan. Elektrolit yang bernama kalium ini juga bagus untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.
  • vitamin C ; Seperti kebanyakan buah-buahan, pisang juga mengandung vitamin C cukup tinggi. Satu buah pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 10 mg vitamin C, atau sekitar 15 persen dari kebutuhan harian yang disarankan. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan sel, dan meningkatkan penyerapan nutrisi lain seperti zat besi .
  • Vitamin B-6 ; Pisang juga merupakan sumber yang sangat baik vitamin B – 6 , atau yang juga disebut dengan piridoksin. Satu buah pisang sedang memasok sekitar 35 persen dari kebutuhan harian B – 6 yang disarankan. Vitamin B – 6 diperlukan oleh tubuh, salah satunya adalah untuk pertumbuhan sel-sel baru.
Alpukat

buah yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik  hampir di semua wilayah Indonesia,  dibalik harganya yang murah dan mudah didapat ternyata buah Alpukat ini sangat bermanfat untuk mengobati Hipertensi atau penyakit Tekanan Darah Tinggi, hal ini disebabkan oleh karena Alpukat mengandung berbagai Zat Vitamin dan Mineral anatara lain:
  • Vitamin A : Kombinasi  Vitamin A dengan Vitamin E sangat berguna untuk membuat kulit menjadi kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar.
  • Vitamin B6 : Vitamin ini berkhasiat untuk meredakan sindrom pra-haid atau pra-menstruasi (PMS) yang umumnya diderita wanita setiap bulan.
  • Vitamin E : Dikenal sebagai vitamin yang berguna untuk menghaluskan kulit. Campuran vitamin E dan vitamin A sangat berguna dalam perawatan kulit.
  • Potasium atau Kalium : Potasium (dikenal juga sebagai kalium) yang ada dalam alpukat dapat mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah
Mengkudu


Mengkudu atau yang dalam bahasa Jawa disebut dengan Pace ini merupakan buah primadona untuk mengobati darah tinggi. Buah buruk rupa ini dipercaya dapat mengobati penyakit tekanan darah tinggi. Tumbuhan yang memiliki nama latin Morinda citrifolia ini termasuk jenis kopi-kopian yang merupakan tumbuhan asli Indonesia.

Ciri-ciri tanaman mengkudu yaitu tumbuhan ini mempunyai batang tidak terlalu tinggi yakni tiga hingga delapan meter. Daunnya bersusun berhadapan sedangkan bunganya berbentuk bongkol yang kecil-kecil dan berwarna putih, buahnya berwarna hijau mengkilap dan berwujud buah buni berbentuk lonjong dengan variasi trotol-trotol, adapun bijinya banyak dan kecil-kecil terdapat dalam daging buah.

Buah dan daun mengkudu merupakan bahan pangan yang mempunyai kandungan gizi lengkap. Selain berbagai vitamin, protein, dan mineral, mengkudu juga mengandung xeronine, proxeronine, steroid alami, alizarin, lysin, sodium, asam kaprat, asam kaprilat, dan asam kaproat.

Di antara zat-zat gizi tersebut terdapat anti bakteri yang dapat membunuh pseudomonas aeruginosa, dan escherichia coli (penyebab diare). Senyawa scopoletin yang banyak terdapat pada mengkudu selain bersifat anti bakteri, anti radang dan anti alergi, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Khasiat mengkudu dalam mengontrol penyakit tekanan darah tinggi ada pada kandungan scopoletinya. Zat ini bermanfaat melebarkan pembuluh darah yang menyempit, sehingga bisa menurunkan tekanan darah tinggi, dalam jangka panjang mengkudu dapat menjaga stabilitas tekanan darah normal pada penderita diabetes.

Untuk cara mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi, pilihlah buah mengkudu yang sudah matang dan ambil airnya. Untuk mengambil air buah mengkudu, Anda bisa memblendernya. Kemudian air mengkudu di campur dengan madu dan minum setiap pagi sebelum sarapan,Dan jangan lupa berdo'a :)
Jeruk

Penelitian menunjukan bahwa seseorang yang mengonsumsi 2 gelas jus jeruk setiap hari akan dapat menurunkan tekanan darahnya. Buah untuk menurunkan darah tinggi kali ini adalah jeruk, buah oranye asam manis yang banyak mengandung Vitamin C. Disebutkan pula bahwa efek minum jus jeruk ini baru didapatkan bila Anda telah mengonsumsi rutin selama 2-4 minggu. Selain di jus, terntunya Anda dapat mengonsumsi jeruk dengan memakan buahnya langsung. Namun ingat, pilihlah jus jeruk tanpa pengawet dan gula tambahan. Ingat juga untuk selalu memilih jus jeruk yang alami, bukan buatan.

Apalagi jeruk nipis. Jeruk Nipis sangat ampuh sekali untuk mengatasi darah tinggi
Berikut telah kami sajikan cara menggunakan jeruk nipis sebagai obat herbal untuk tekanan darah tinggi :
- Siapkan 20 kuntum bunga
- Siapkan juga sebanyak 30 lembar daun jeruk nipis
- Cuci kedua bahan hingga bersih
- Tambahkan dengan air perasan 2 dari jeruk nipis
- Rebus bahan tadi dengan 3 gelas air bersih
- Tunggu hingga air tersisa hingga 2,25 bagian gelas
- Tunggu hingga dingin, kemudian air disaring
- Air saringan selanjutnya bisa diminum 3 kali sehari sebanyak 3/4 bagian gelas
- Minuman obat herbal ini, bisa ditambah dengan madu
- Lakukan kegiatan ini secara rutin
Kiwi

Berikutnya, buah untuk menurunkan darah tinggi yang juga cukup enak sebagai camilan adalah buah yang bernama seperti nama burung di New Zealand, yaitu buah kiwi. Buah yang dagingnya hijau dan rasanya asam segar ini mengandung banyak kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. Selain kalium, kiwi juga mengandung banyak Vitamin C yang dapat bermanfaat dan berperan sebagai penangkal radikal bebas. Anda dapat menikmati kiwi sebagai camilan, dijus atau juga dimakan bersamaan dengan makanan seperti yogurt tanpa lemak ataupun oatmeal.
Melon

Dua Kali Sehari Terapi buah melon untuk menstabilkan tekanan darah penderita hipertensi bisa dilakukan dengan Cara yang mudah. Satu buah melon segar berukuran kecil dicuci bersih dengan air mengalir lalu potong menjadi 16 bagian. Untuk menghindari tekanan darah yang turun drastis, maka Anda hanya disarankan untuk mengambil dua bagian buah tersebut lalu dikupas kulitnya. Agar lebih sedap saat dimakan, dua bagian kecil buah melon tersebut bisa dipotong lagi menjadi beberapa potongan kecil.

Untuk pengobatan hipertensi, lakukan kebiasaan tersebut dua kali sehari setelah makan pagi ataupun makan siang. Jika terapi buah melon tersebut telah berhasil menstabilkan tekanan darah Anda, maka terapi buah melon ini cukup dilakukan dua kali dalam seminggu.
Blewah

Obat Darah Tinggi Alami yang Ampuh selanjutnya adalah blewah. Blewah bermanfaat mirip seperti ketimun. Kandungan potassium yang ada didalamnya bekerja dalam membantu mengurangi dan menurunkan tekanan darah tinggi, selain itu juga bisa bekerja dalam membantu mengurangi resiko penyakit ginjal dan kandung kemih. Dan beberapa jenis buah atau tumbuhan yang mengandung kandungan alami lainnya adalah peach, buah strawberry, raspberry, dan juga turnip serta wheat grass.
 Jenis Makanan Lain
  • Coklat - Coklat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang tinggi ini mampu untuk menurunkan tingginya tekanan darah. Perlu diingat, hanya mengkonsumsi coklat pahit yang murni coklat akan menghasilkan efek yang lebih optimal bagi penyembuhan hipertensi.
  • Yoghurt - Yoghurt merupakan produk olahan susu yang digunakan sebagai makanan pembentuk otot. Selain kadar lemak yang rendah, yoghurt juga memiliki manfaat yang sama seperti susu, yaitu dengan magnesium , kalium dan kalsium yang cukup tinggi. Hal ini membuat yoghurt akan menjadi salah satu makanan yang tepat bagi anda untuk menyembuhkan hipertensi.
  • Susu Skim Bebas Lemak - Susu skim memiliki kandungan kalsium dan Vitamin D yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, kadar lemak yang rendah akan membantu mengurangi tingginya kadar lemak pada tubuh juga. Hal ini memungkinkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah karena lemak pun berkurang.
  • Ikan Salmon - Kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi pada ikan salmon dapat membantu untuk menyembuhkan darah tinggi. Ikan salmon dapat menjadi pilihan utama, sebagai konsumsi sehari hari yang menyehatkan.
  • Oatmeal - Produk olahan gandum memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama kesehatan jantung dan kelancaran peredaran darah. Salah satunya adalah oatmeal, yang bisa dikonsumsi untuk sarapan dan dapat mencegah terjadinya hipertensi.
  • Roti Gandum - Roti gandum merupakan salah satu hasil olahan gandum yang patut dimasukkan dalam daftar makanan sehari-hari. Seperti produk gandum lainnya, roti gandum mampu mencegah terjadinya darah tinggi.
  • Minyak Zaitun - Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini juga dapat digunakan untuk menjaga tekanan darah.
Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Meskipun sebagian besar makanan penurun darah tinggi tersebut kita konsumsi, penyakit hipertensi ini dapat terjadi pada beberapa keadaan. Berikut ini hal-hal penyebab hipertensi yang dapat terjadi antara lain :
1. Faktor Keturunan
2. Stress
3. Usia
4. Cukup aktivitas
5. Pola hidup yang tidak sehat
6. Rokok dan Alkohol
7. Konsumsi sodium yang berlebihan